Cara Membuat Cairan Disinfektan Bayclin


Virus corona mewabah, semua orang langsung berlomba-lomba untuk memiliki cairan disinfektan supaya bisa melindungi lingkungan dari bakteri dan kuman. Alhasil, saat ini untuk mencari produk disinfektan sudah sangat sulit untuk didapatkan.

Oleh karena stok disinfektan yang sudah habis dimana-mana, ternyata masyarakat tidak perlu khawatir karena cairan disinfektan dapat dibuat sendiri di rumah. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Manfaat Cairan Disinfektan

Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan oleh menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan sekitar, terutama rumah. Salah satu diantaranya adalah bisa mencegah bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit untuk bisa berkembang.

Terutama untuk penyebaran virus corona yang belakangan ini sangat meresahkan masyarakat di Indonesia. Apalagi mengingat bahwa cairan disinfektan ini ternyata juga bisa dibuat sendiri di rumah dan bisa dijadikan sebagai alternatif paling praktis untuk pencegahan penularan virus corona.

Bahan Membuat Cairan Disinfektan

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cairan disinfektan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bayclin

Sebenarnya, kamu bisa menggunakan produk pemutih apapun selain bayclin, mungkin salah satu diantaranya seperti pro clin atau yang lainnya. Cairan pemutih ini diketahui mengandung natrium hipoklori serta garam NAOC1 yang mempunyai sifat basa sangat kuat. Selain itu, di dalam bayclin juga mengandung hidrogen peroksida, sodiun perkarbonat dan hidrogen peroksida.

Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, bayclin dipercaya bisa membunuh kuman dan bakteri secara cepat. Kamu bisa mendapatkan bayclin dengan mudah di toko-toko terdekat di sekitar rumah. Jangan lupa kalau ingin membeli bayclin, harus menggunakan masker dan pelindung diri yang dibutuhkan. Setelah berbelanja, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan rumah dengan mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir.

2. So Klin/Deterjen

So Klin merupakan salah satu pembersih lantai yang diketahui mengandung bahan aktif anti kuman dan terdiri dari Benzalkonium Chloride 1,5 persen.

Tidak cuma mampu untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab penyakit, So Klin juga mempunyai keunggulan yaitu aroma therapy yang membuat rumah menjadi terasa menyegarkan. Jadi kalau kamu menilai bahwa cairan disinfektan selalu identik dengan bau menyengat ke hidung, maka cairan disinfektan ini tidak akan tercium seperti itu.

Deterjen umumnya mengandung sejumlah jenis surfaktan diantaranya seperti anionik dan nonionik. Untuk yang anionik misalnya seperti sabun sedangkan nonionik seperti alkohol lemak yang teretoksilasi.

Surfaktan mempunyai sifat sebagai zat yang bisa mengangkat kotoran yang menempel. Selain itu, zat pemutih yang terdapat dalam deterjan bisa menghilangkan noda membandel, membunuh bakteri, serta dipercaya bisa melawan virus corona.

3. Karbol

Setelah mempersiapkan bayclin dan so klin atau deterjen, kamu bisa menyediakan karbol sebagai bahan pelengkap.

Mungkin kalau menyebutkan merek, wipol menjadi salah satu karbol yang cukup terkenal di Indonesia. Bahan karbol diyakin mempunyai kemampuan untuk secara efektif membunuh kuman secara cepat.

Selain itu, wipol juga dipercaya sebagai karbol yang bisa menghilangkan bau tidak sedap di daerah yang disemprotkannya.

Tak cukup sampai di situ saja, aroma yang dikeluarkan oleh karbol biasanya juga akan memberikan nuansa yang tidak berbau kimia sehingga tak akan terlalu mengganggu.

Ketiga bahan ini dipastikan akan menjadi cairan disinfektan paling efektif untuk bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada di lingkungan sekitar.

Cara Membuat Disinfektan

Berikut ini adalah cara membuat cairan disinfektan dengan menggunakan bayclin dan beberapa bahan lainnya yang sudah disebutkan di atas.
  • Persiapkan 1 liter air di dalam sebuah wadah, bisa ember atau apapun, yang penting cukup untuk menampung airnya
  • Tuangkan 2 sendok cairan pemutih
  • Masukkan 2 sendok karbol
  • Tambahkan 4 sendok pembersih lantai
  • Kamu juga bisa memasukkan deterjen sebagai bahan tambahan
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata
  • Cairan disinfektan sudah siap untuk digunakan

Semprotkan cairan disinfektan ini ke lingkungan sekitar rumah agar bisa membunuh kuman dan bakteri. Jangan dekatkan cairan ini dengan anak-anak dan dilarang untuk disemprotkan ke alat masak atau alat makan.

Sekarang kamu sudah bisa melindungi keluarga di rumah dengan cairan disinfektan buatan sendiri yang menggunakan bahan bayclin, so klin dan karbol. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Cairan Disinfektan Bayclin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel